pintar,cerdas,dan pandai

Pintar apa sebenarnya? dan apa yang bisa membedakan orang yang pintar,cerdas, dan pandai?

disini aku melihat orang-orang menganggap bahwa jika seseorang memiliki nilai IQ tinggi dinamakan pintar, orang yang nilai nya tinggi dalam akademik disebut pintar, tapi apa kah pintar menurut defenisimu kawan?..

aku memuat tulisan ini karena aku pernah mendengar sebuah kisah yang lucu menurutku, dikisahkan ada seorang guru yang mengatakan bodoh pada  muridnya dikarenakan nilainya tak mencukupi batas ketuntasan atau karena dia tak bisa menjawab pertanyaan dari si guru tersebut sehingga guru tersebut marah dan mengeluarkan kata jelek itu,banyangkan  jika semakin banyak orang berkata bodoh kepada orang lain maka semakin banyaklah orang bodoh didunia ini.

ada kata yang memotivasi ku yang ku kutip dari kliksaya.com yaitu “kasus : Kamu sekarang ini sedang diremehkan oleh orang lain
Kata mutiara motivasi : Baguslah kalau begitu, nanti jika suatu kamu sukses entah bagaimana malunya mereka  terhadap anda”

menurutmu apakah beliau pantas berkata seperti itu?

hei kawan didunia ini tak yang sempurna bahkan rasul sekalipun pernah berbuat kesalahan apalagi manusia seperti kita ini, tetapi hanya orang yang merugilah yang berbuat kesalahan untuk yang kedua kalinya. jadi apakah bodoh itu kesalahan? atau pengaruh gen dari orang tua? ada pepatah mengatakan buah tak jatuh dari pohonnya yang artinya buah itu ibarat seperti anak dan pohon itu seperti orang tua, lalu lantas jika si anak bodoh apakah itu berarti orang tuanya juga bodoh?” Memang benar orang lain akan berpengaruh terhadap kesuksesan maupun kegagalan kamu Tapi tetap saja 90% itu tergantung diri kamu sendiri”.

menurutku TIDAK

aku sangat menolak terucapnya kata bodoh dari mulut siapapun, kita dapat hidup karena kita pintar dan bagiku pintar atau bodohnya seseorang tidak bisa di ukur dari nilai tinggi atau berhasil tidaknya ia menjawab ia menjawab pertanyaan, melainkan di ukur dari sosialisasinya kepada orang banyak, imajinasi dan pengetahuan yang luas, pengontrolan emosi yang tepat. jadi  tak ada orang bodoh didunia ini bukan? bagiku kepintaran itu tidak diukur dari nilai akademis nya tetapi kepintaran di ukur dari hasil kerja keras nya.

sekali lagi tak ada orang bodoh didunia ini yang ada hanyalah orang malas, tak ada yang gagal didunia ini yang ada hanyalah kurang usaha, hei kawan bayangkan jika kau mempunnyai cita-cita setinggi langit tetapi kau tak berusaha dan malas melakukan usaha untuk  mendapatkannya itu tidak ada gunanya, ada yang mengatakan” kamu tidak akan PERNAH sekalipun mencapai Roma jika anda belum melakukan satu langkah ke depan”. thomas alfa edison mengatakan “keberhasilan adalah 1% bakat dan 99% usaha maka aku akan mengatakan “pintar tidaknya sesorang ditentukan dari 100% usaha”

dan apa yang bisa membedakan pintar dengan cerdas?

guruku berkata “orang yang pintar belum tentu cerdas tetapi cerdas sudah tentu pintar”.

dan apa yang bisa membedakan orang pintar dengan orang beruntung?

mana yang mau kalian pilih ditakdirkan sebgai orang yang pintar atau yang beruntung?

 

About these ads

Tentang putrirumondangsiagian

siswa SMAN 3 Medan
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke pintar,cerdas,dan pandai

  1. Ulfa berkata:

    kalau aku pengennya udah cerdas juga beruntung :D
    hehhehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s